Selasa, 08 Desember 2015

Pentingkah teman bagi Anda ?

Ketika ditanya, "Penting gak sih teman untuk kita?" Mungkin sebagian besar dari kita akan menjawab "Iya". Kemudian akan muncul pertanyaan selanjutnya dari orang-orang, "Berapa banyak sih teman kita?" Sebagian besar dari kita pasti sering kali menjawab, "banyak".

Tetapi coba kita renungkan kembali, apakah benar kita memiliki "Teman" sebanyak itu? Atau,pentingkah memiliki banyak teman?

Saat duduk di bangku sekolah dasar, tentu kita memiliki teman, begitu pula di sekolah menengah sampai seterusnya. Pertanyaannya, apakah semua orang disekiling kita itu dapat kita sebut teman?
Jawabannya adalah Bisa! Tapi apakah benar definisi "Teman" bagi kita semua adalah seperti itu?

Menurut saya, definisi teman tidaklah semudah itu. Saya membaginya menjadi dua, yaitu "Teman" dan "Hanya kenal" saja. Teman adalah orang yang bisa kita ajak untuk ngobrol, makan, dan melakukan aktivitas bersama tanpa adanya paksaan.

Cerita dari pengalaman saya, ketika ditanya "Berapa banyak sih sebenarnya teman kamu?". Saya dulu hanya tersenyum dan menjawab "Yaa, gak banyaklah. Tapi ada". Apakah saya sedih dengan hal tersebut? Saya berkata "Tidak". Tetapi dalam hati kecil, saya tahu bahwa saya sedih. Kata "Tidak" itu hanya untuk menjaga harga diri saya saja.

Dulu saya selalu berfikir, apa sih pentingnya teman? Hanya bikin susah, mau makan harus menunggu teman, jika tidak diajak, takut menyinggung. Jadi, apa gunanya berteman kalau hanya mempersulit kita?

Sekian lama saya berfikir seperti itu, dan saya diingatkan kembali bahwa manusia adalah makhluk sosial yang butuh interaksi satu sama lain. Apa sebenarnya inti dari berteman ini? Akhirnya saya mendapatkannya beberapa waktu yang lalu.
Intinya adalah "Take" dan "Give" yang artinya "Mengambil" dan "Memberi".
Apa motivasi kita untuk berteman? Apakah itu untuk "Take", atau untuk "Give" ?
Saya sadar bahwa selama ini saya berteman hanyalah untuk "Take", hanya untuk memuaskan apa yang saya inginkan.

Jadi, wajar saja jika saya tidak memiliki banyak teman. Siapa yang sanggup untuk terus memberi?
Alasan mengapa saya tidak memiliki banyak teman adalah itu, bahwa saya hanya mencari teman yang dapat memberikan saya sesuatu. Jika mindset semua orang seperti itu, bagaimana kita bisa mendapatkan seorang teman yang baik?

Jadi saya ingin sharing kepada semua orang, jika teman memang penting untuk Anda, cobalah ubah motivasi Anda menjadi "Give" karena memang motivasi kita berteman itu seharusnya adalah "Give" bukan "Take". Saya dapat berkata seperti ini karena saya telah menerapkannya dan itu berhasil! Ketika kita memberi, orang juga tidak akan sungkan untuk memberi. Tetapi ingat, jika kita melakukan "Give" untuk "Take", motivasi kita tetaplah "Take" karena kita melakukan sesuatu dengan harapan mendapatkan sesuatu.

Ingatlah bahwa yang dapat mengubah teman menjadi sahabat adalah "Give" bukan "Take".
Jadi bagi teman - teman yang masih berteman dengan motivasi "Take", coba direnungkan.
Percayalah, kesenangan yang kita peroleh dari memiliki teman dengan motivasi "Give" adalah luar biasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar