Rabu, 02 Desember 2015

Manfaat mempelajari Filsafat

Dengan mempelajari filsafat, ada tiga yang dapat diambil pelajaran.
Pertama, filsafat telah mengajarkan kita untuk lebih mengenal diri sendiri secara totalitas, sehngga dalam pemahaman tersebut dapat dicapai hakikat manusia itu sendiri dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya. Filsafat mengajarkan kita agar terlatih untuk berpikir serius, berpikir radikal, mengkaji sesuatu sampai ke akar-akarnya. 
Berfilsafat adalah berusaha menemukan kebenaran tentang segala sesuatu dengan menggunakan pemikiran secara serius. Kemampuan berpikir serius diperlukan oleh orang biasa, terlebih lagi bagi orang-orang yang memegang posisi penting dalam membangun dunia, meminpin masyarakat, menjadi penguasa dalam pemerintahan.
 
Kedua, filsafat mengajarkan tentang hakikat alam semesta. pada dasarnya berpikir filsafat ialah berusaha untuk menyusun suatu sistem pengetahuan yang rasional dalam rangka memahami segala sesuatu, termasuk diri manusia itu sendiri.

Ketiga, filsafat mengajarkan tentang hakikat Tuhan. Studi tentang filsafat seyogianya dapat membantu manusia untuk membangun keyakinan keagamaan atas dasar yang matang secara intelektual. dengan pemahaman yang mendalam dan dengan daya nalar yang tajam maka akan sampailah kepada kekuasaan yang mutlak, yaitu Tuhan.

Bagi para pemula, dengan belajar filsafat akan dapat menambah ilmu pengetahuan, karena dengan bertambahnya ilmu pengetahuan akan bertambah cakrawala pemikiran, cakrawala pandang yang semakin luas. hal ini mengandung implikasi, bahwa dengan memahami filsafat ini dapat membantu penyelesaian masalah yang selalu kitahadapi dengan cara yang lebih bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar