Senin, 07 Desember 2015

Kenapa Pungguk Merindukan Bulan?



Bagai Pungguk Merindukan Bulan
Pungguk merindukan bulan bisa mengandung arti seseorang yang mencintai kekasinya tapi tidak terbalas atau seseorang yang merindukan kekasihnya yang tidak mungkin ia dapatkan. Pungguk ialah nam burung sejenis burung hantu yang keluar malam untuk mencari makan (dan suka memandang bulan).
Alkisah, ada sepasang kekasih pungguk dan putri bulan yang tinggal dikayangan. Mereka melihat ke bumi dan melihat sesuatu yang berkilau. Pungguk berkata pada putrid bulan “aku akan mengambil permata itu untukmu putrid bulan”. Putri bulan menjawab “aku tidak memerlukan permata itu, kaulah permataku”. Tanpa sepengetahuan putrid bulan, pungguk mencari pawing yang bisa memberikan dia jimat kekuatan untuk bisa turun ke bumi dan mengambil benda yang berkilau tersebut. turunlah pungguk ke bumi untuk mengambil benda berkilau tersebut. ternyata pungguk tidak menemukan per ata yang diharapkan, benda itu hanyalah cermin yang biasa memantulkan cahaya dari bumi. Pungguk pun berniat kembali ke kayangan, tapi tidak bisa. Jimat tersebut tidak bisa digunakan kembali ke kayangan. Pungguk pun hanya bisa menangis memanggil-manggil kekasihnya putrid bulan dari bumi. “bulan, bulan..”. maka lahirlah peribahasa pungguk merindukan bulan.
Hal bisa diambil dari cerita tersebut adalah never take someone for granted, hold every person close to your heart, because you may wake up one day and realize that you’ve lost a diamond while you were too busy collecting stone….
bagi temen-temen yang sedang menghadapi ujian, bukanlah putri bulan. Asalkan belajar, pelajaran apapun, materi apapun bisa kita taklukan. Namun bagi temen-temen yang terlanjur menjadi pungguk yang terus merindukan bulan. Selamat menangis dan berharap putri bulan akan turun dari kayangan. Sungguh pengharapan yang sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar