Selasa, 08 Desember 2015

MENGAPA "KOMITMEN" BEGITU PENTING??

KOMITMEN!

Kita semua pasti akan bingung jika tak ada tempat tujuan di jalan. Adanya rencana sangat menentukan apa yang akan kita lakukan dan berapa waktu yang kita butuhkan sehingga tak ada lagi waktu yang terbuang. Aku sadar…. hidup ini jika tak ada rencana itu mustahil. Tapi sama saja jika sudah mempunyai sejuta rencana tanpa ada komitmen dari diri kita sendiri. Kita tak akan tau apa yang akan terjadi di masa yang akan datang dan hanya bisa belajar dari masa sebelumnya, untuk menghadapi masa yang akan datang itu kita harus mempunyai sebuah komitmen dari diri kita, sebuah komitmen yang bisa membangun perkembangan ilmu kita. sebuah komitmen yang bisa menjamin masa depan kita karena semuanya tak akan berubah jika kita tidak merubahnya sendiri, sekecil apapun perubahan yang kita buat akan menjadi hal besar yang memuaskan di masa yang akan datang.

Seringkali kita mendengar kata komitmen dan kalimat yang mengarah pada tuntutan dari sebuah komitmen seseorang. Bahkan kata ini seringkali dibuat sebagai tuduhan ketika terlihat kinerja seseorang terhadap organisasi ataupun tempat kerja sudah terlihat menurun. Apalagi kondisi dalam keadaan sangat membutuhkan energi yang selalu prima dari setiap aktor pemainnya.
Banyak para ahli mengemukakan arti dari komitmen terhadap organisasi. Armstrong (1991) menyatakan bahwa pengertian komitmen mempunyai ada 3 (tiga) area perasaan atau perilaku terkait dengan perusahaan tempat seseorang bekerja:
Kepercayaan, pada area ini seseorang melakukan penerimaan bahwa organisasi tempat bekerja atau tujuan-tujuan organisasi didalamnya merupakan sebuah nilai yang diyakini kebenarannya.
Keinginan untuk bekerja atau berusaha di dalam organisasi sebagai kontrak hidupnya. Pada konteks ini orang akan memberikan waktu, kesempatan dan kegiatan pribadinya untuk bekerja diorganisasi atau dikorbankan ke organisasi tanpa mengharapkan imbalan personal.
Keinginan untuk bertahan dan menjadi bagian dari organisasi.
Jadi pengertian komitmen lebih dari sekedar menjadi anggota saja, tetapi lebih dari itu orang akan bersedia untuk mengusahakan pada derajat upaya yang tinggi bagi kepentingan organisasi, demi memperlancar mencapai tujuan organisasi.
Berdasarkan definisi-definisi di atas terlihat adanya suatu kesamaan, yaitu bahwa komitmen pada organisasi ditandai dengan bentuk loyalitas dan identifikasi diri terhadap organisasi. Komitmen pada organisasi tidak hanya menyangkut pada kesetiaan karyawan pada organisasi yang bersifat positif tetapi juga melibatkan hubungan yang aktif dengan organisasi, di mana karyawan bersedia atas kemauan sendiri untuk memberikan segala sesuatu yang ada pada dirinya guna membantu merealisasikan tujuan dan kelangsungan organisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar